LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mata Pelajaran: Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas/Semester: 12 / Ganjil
Topik: Sejarah Kerajinan Pasar Global Berdasarkan Geopolitik dan Gerakan Non-Blok Dunia
Alokasi Waktu: 2 x 45 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu:
Menjelaskan sejarah kerajinan pasar global dari sudut pandang perkembangan geopolitik.
Mengidentifikasi peran penting Gerakan Non-Blok dalam memperluas jangkauan perdagangan kerajinan antarnegara.
Menganalisis dampak kebijakan global terhadap perkembangan kerajinan di negara-negara berkembang.
B. Alat dan Bahan
Buku catatan
Perangkat dengan akses internet (untuk riset sejarah kerajinan dan Gerakan Non-Blok)
Peta dunia (untuk memvisualisasikan perubahan geopolitik)
C. Pertanyaan Pemantik
Apa yang dimaksud dengan pasar global? Jelaskan bagaimana pasar kerajinan berkembang dari perdagangan lokal menjadi bagian dari pasar global.
Bagaimana situasi geopolitik memengaruhi perdagangan kerajinan? Jelaskan keterkaitan antara perubahan kekuatan politik dunia dan perubahan dalam sistem perdagangan kerajinan.
Apa dampak dari berdirinya Gerakan Non-Blok terhadap perdagangan kerajinan? Bagaimana negara-negara anggota Gerakan Non-Blok menjaga netralitas mereka sambil tetap aktif dalam perdagangan internasional?
D. Langkah-Langkah Kerja
Pendahuluan: Sejarah Perdagangan Kerajinan Global
Baca materi atau lakukan riset mengenai sejarah awal perdagangan kerajinan antarnegara, mulai dari masa kolonial hingga zaman modern. Fokus pada bagaimana perdagangan ini dipengaruhi oleh perubahan geopolitik seperti penjajahan, perang dunia, dan perkembangan aliansi politik global.
Diskusi Kelompok: Pengaruh Geopolitik Terhadap Perkembangan Kerajinan
Dalam kelompok, diskusikan bagaimana perubahan geopolitik besar memengaruhi produksi dan perdagangan kerajinan.
Poin-poin yang bisa didiskusikan:
a. Pengaruh Perang Dunia I dan II terhadap produksi kerajinan di berbagai negara.
b. Bagaimana perang dingin dan aliansi politik seperti NATO dan Blok Timur memengaruhi perdagangan kerajinan antarnegara.
Riset Mandiri: Gerakan Non-Blok dan Kerajinan
Lakukan riset mengenai peran Gerakan Non-Blok dalam perdagangan internasional, khususnya di bidang kerajinan. Fokus pada bagaimana negara-negara anggota menggunakan netralitas mereka untuk menjalin kerja sama perdagangan dengan negara-negara besar, tanpa memihak blok politik tertentu.
Analisis Studi Kasus
Pilih salah satu negara anggota Gerakan Non-Blok yang memiliki industri kerajinan besar. Analisis:
a. Bagaimana negara tersebut mengembangkan kerajinan tradisionalnya menjadi komoditas global.
b. Peran Gerakan Non-Blok dalam membantu negara tersebut menembus pasar internasional di tengah ketegangan geopolitik.
E. Refleksi Kritis
Setelah mempelajari sejarah dan keterkaitan geopolitik dengan kerajinan pasar global, menurut Anda, apakah ada pola yang terus berulang dalam pengaruh politik terhadap perdagangan kerajinan? Jelaskan pendapat Anda.
Bagaimana negara berkembang bisa terus memajukan industri kerajinan mereka di tengah ketidakpastian politik global?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar